Kamis, 01 Desember 2011

tune up karburator

Karburator adalah bagian yang paling banyak dituning, diganti dan sebagainya, selain bagian lain seperti CDI, gear, busi dll. Apa sih yang menyebabkan bagian ini sering disetting / dituning bahkan diganti.. terutama bagi kalangan speed freak …???
Karburator adalah suatu bagian dimana terdapat suatu proses pencampuran udara dan bensin sebelum masuk ke internal combustion. Karburator ini ditemukan pada tahun 1893 oleh Scientist asal Hongaria yaitu Donat Banki dan Janos Csonka. karburator bekerja berdasarkan prinsip Bernoulli, yaitu aliran udara akan melewati lobang (disebut lobang venturi.. bukan lobang lain yah..). Semakin banyak udara masuk ke karburator, maka tekanannya akan menurun kemudian, akan menciptakan tekanan yang rendah atau vacum di venturi. Dan ketika throttle valves terbuka, maka bensin akan masuk ke karburator melalui berbagai jets.  Selanjutnya bensin dan udara akan bercampur. Terus, bagaimana kaitannya dengan main jet / pilot jet dan sebagainya…
    Urutannya sebagai berikut,
  1. Sewaktu throttle valve terbuka 0% – 30%, maka idle jet yang akan bekerja
  2. Throttle valve terbuka 15% – 60%, maka needle jet yang akan bekerja
  3. Jet needle akan bekerja apabila throttle valves terbuka 20% – 80%.
  4. Sedangkan main jet akan bekerja, apabila 60% – 100% throttle valve terbuka.
Kalau ada yang ganti misalnya main jet dari 100 ke 120, berarti sewaktu throttle valve terbuka 60% – 100%, maka jet ini akan bekerja. Dan karena ukurannya lebih besar, maka bensinpun juga nyentor jalannya… dan itu akan meningkatkan performance motor… tapi, apa semudah itu.. ?? Nggak juga, asupan bensin harus diimbangin dengan udara… makanya kalau ngerubah jet dgn ukuran yang signifikan besarnya, maka ukuran karburator pun kudu berubah. Dan setting karburator itu harus benar-benar pas… kalo nggak perpindahan jet dari satu ke yang lainnya… nggak halus.. bisa menjadi brebet… ngeledak-ledak … begitu.
karburator standard sebenernya udah dipikirin ama pabrik (asumsinya pabrik motornya bener.. nggak gelo..), dan akan berjalan dengan smooth.. ngerubah ukuran pilot / main jet boleh-boleh saja.. tapi disarankan jangan terlalu gede… apalagi kalau udah ngerubah ukuran karburator.. kudu disetting ulang… Pilih montir yang ahli.. kalau nggak bakalan muncul keluhan… tarikan bawah enak.. tarikan atas nggak enak.. atau sebaliknya…
Dan karburator bukan salah satu komponen saja untuk meningkatkan performance motor, masih ada terkait dengan pengapian.. (disini CDI dan busi sangat berperan), dan gear ratio (gear depan atau belakang yg berpengaruh..), sistem pembuangan (exhaust system, apakah restricted atau nggak..) dan juga udara.. yang masuk ke karburator.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar